Antisipasi Penyebaran Omicron, Idris Sidak Prokes ke ITC Depok

mohammadidris.id – Wali Kota Depok Mohammad Idris memimpin langsung inspeksi mendadak (sidak) ke pusat perbelanjaan ITC Depok, Minggu (23/01/2022). Dalam sidak tersebut, Idris terus mengingatkan masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 terutama varian omicron.

“Ini salah satu kegiatan kita untuk pencegahan, inspeksi ke beberapa tempat publik, seperti ITC Depok. Kita berbagi wilayah dengan Pak Wakil dan yang lainnya. Secara umum dari sisi sistem sudah bagus,” ujar Idris usai Sidak Prokes ke ITC Depok.

Lebih lanjut, ucap dia, meski secara sistem sudah baik, namun dari mekanisme dan operasional penerapan prokes di tempat umum harus bisa berkelanjutan. Sebab, selalu ada masyarakat yang lupa, misalnya terkait penggunaan masker.

“Selalu saja ada yang lupa, pasti ada, satu dua orang. Makanya mengingatkan itu perlu sekali,” tutur Idris.

Idris menuturkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan terus berupaya agar tidak terjadi lonjakan kasus. Apalagi, sambung Idris, karakteristik omicron ini penyebarannya bisa lebih luas.

“Maka dari itu, tetap kita waspada, yang lebih mengkhawatirkan bahwa gejalanya ini tidak terlalu berat. Gejalanya flu, pilek, kita biasanya kalau flu, pilek tidak begitu dipusingkan. Apalagi disertai dengan demam. Nah ini harus hati-hati dan diwaspadai,” jelasnya.

Idris pun meminta orang tua harus lebih peduli terhadap anak-anaknya saat beraktivitas di tempat umum. Salah satunya, saat anak bermain di tempat bermain yang relatif banyak terjadi sentuhan.

“Seperti ke tempat-tempat seperti ini (ITC). Tadi ada satu yang menjadi perhatian kami untuk dievaluasi dari tempat bermain anak yang memang relatif banyak sentuhan,” jelas Idris.

“Itu bisa diantisipasi dengan menyiapkan hand sanitizer, dianjurkan ke orang tua atau pemilik tempat bermain menyediakan hand sanitizer. Jadi ketika anak sudah selesai main disemprot tangannya. Dan dari pihak ITC nanti setiap beberapa jam sekali bisa melakukan proses disinfektan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *