Apresiasi Kinerja Enam PD, Idris Beri Penghargaan

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris memberikan penghargaan untuk enam Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang memperoleh nilai A dengan kategori memuaskan.

Penghargaan tersebut diberikannya dalam rangka capaian akuntabilitas kinerja PD di tahun 2023.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pelajaran untuk semua PD di lingkup Pemkot Depok agar terus mendongkrak dan meningkatkan kerja dan kinerja mereka untuk pembangunan daerah.

“Nilai yang memang sudah kita capai pada saat ini, walaupun sudah memuaskan, kita akan tingkatkan sangat memuaskan, karena ada beberapa PD yang nilainya masih di bawah 70, khususnya kecamatan-kecamatan, ini supaya kita tingkatkan,” kata Kyai Idris, sapaan Wali Kota Depok, usai memberikan penghargaan tersebut saat Apel Pagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Halaman Balai Kota Depok, Senin (24/06/2024).

Menurutnya, semua pihak dapat belajar dari kisah seorang pemuda yang lewat di tengah kerumunan gajah.

Dikatakan Kyai Idris, pemuda tersebut terheran-heran karena gajah ini tidak berlarian, hanya dengan diikat seutas tali dan tidak ada kandangnya, terlebih menurut akal sehat bahwa sangat mungkin gajah itu melarikan diri.

Di sisi lain, dia (pemuda) melihat seorang pelatih gajah-gajah tersebut, kemudian bertanya, kenapa gajah-gajah ini dengan ukuran tubuhnya yang besar sangat potensial melepaskan ikatan tali ini.

Kyai Idris menceritakan, sang Pawang menuturkan sejak kecil supaya gajah ini tidak lari diikat dengan tali yang serupa saat ini.

“Pada saat kecil tali itu bisa dikatakan memang cukup kuat untuk mencegah si gajah melarikan diri,” ujar Kyai Idris.

“Tali yang kita gunakan tidak diubah, baik besarnya dan bentuknya hingga dia dewasa dan besar, dia (gajar) sudah terbiasa dengan tali yang seperti itu,” tutur Kyai Idris.

Kyai Idris melanjutkan, di tengah perbincangan antara pemuda dan pawang gajah, ada seseorang yang membisikan kepada gajah.

“Gajah kamu bisa melarikan diri, melepaskan dari belenggu ikatan tali itu, agar kamu bebas dan berkreasi sesuai apa yang kau kehendaki,” ujar Kyai Idris.

Kemudian, merespons bisikan tersebut, akhirnya gajah itu melepaskan diri dan jadilah gajah ini sesuatu yang bebas dan bisa mengembangkan kreasinya sebagai gajah yang bebas tidak seperti gajah-gajah yang lain.

“Mungkin sebagian kita kadang-kadang seperti itu, kita terbelenggu, dengan ikatan-ikatan kegaggalan di masa lalu,” ujarnya.

“Kita terbelenggu dengan ikatan yang membuat kita tidak bebas untuk berkreasi, kita terpesona dengan apa yang kita sudah miliki di masa lalu, sehingga kita tidak termotivasi atau terdorong untuk suatu hal yang baru, seperti halnya gajah-gajah besar seperti itu,” jelas Kyai Idris.

Terakhir, dirinya berharap seluruh PD di lingkup Pemkot Depok termotivasi dan terdorong untuk meningkatkan kinerja.

“Kita masih kalah dengan tetangga, yang sudah AA, puas? kita puas, tetapi kita ingin lebih puas lagi dengan peringkat AA tersebut, mudah-mudahan itu bisa kita capai,” tandas Kyai Idris.

Sebagai informasi, akuntabilitas kinerja instansi pemerintah merupakan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggung jawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris pun memberikan penghargaan kepada enam PD yang memperoleh Nilai A dengan kategori memuaskan.

Pertama, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok dengan nilai 82,45.

Kedua, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dengan nilai 82,10.

Ketiga, Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok dengan nilai 81,10.

Keempat, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitiaan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok dengan nilai 80,95.

Kelima, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok dengan nilai 80,45.

Keenam, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok dengan nilai 80,20.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.