Buka MTQ XX, Idris Ajak Warga Jadikan Alquran Sebagai Pedoman Hidup

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XX Tingkat Kota Depok Tahun 2019 di Lapangan Perumahan Sawangan Permai, Rabu (30/10/2019). MTQ ke-XX tersebut dijadwalkan berlangsung mulai 30-31 Oktober hingga 1 November mendatang.

Dalam sambutannya, Mohammad Idris mengatakan, perhelatan MTQ Tingkat Kota Depok yang digelar tiap tahun menjadi upaya Pemerintah Kota (Pemkot) untuk menanamkan nilai-nilai Alquran sebagai pondasi dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, pelaksanaan MTQ sebagai pengingat bagi umat Islam bahwa hadirnya kitab suci Alquran dari Allah SWT adalah untuk keselamatan hidup umat Islam.

“Ini inti diselenggarakan MTQ dari tingkat daerah hingga nasional. Karena berbagai bidang lomba di MTQ mengilustrasikan Alquran sebagai kitab suci yang diturunkan Allah SWT untuk pedoman kehidupan umat Islam,” kata Mohammad Idris di sela-sela acara MTQ ke-XX Tingkat Kota Depok.

Mohammad Idris mengatakan, meskipun Alquran bukan kitab sastra, tetapi di dalamnya penuh dengan nilai-nilai sastra. Kemudian, lanjutnya, Alquran bukan kitab seni budaya, tetapi banyak sekali nilai-nilai seni budaya yang ada di dalamnya.

“Alquran bukan kitab pengetahuan, tetapi begitu banyak pengetahuan yang kita pelajari di dalamnya. Alquran bukan kitab tentang kepemimpinan, tetapi betapa banyak ayat-ayat di Alquran yang mengajarkan bagaimana kita sebagai seorang pemimpin. Lalu, Alquran bukan kitab negara, tetapi Alquran banyak bicara mengenai persoalan kenegaraan. Itulah Alquran yang digambarkan dan disimbolkan dalam MTQ pada bidang-bidang yang dilombakan,” jelasnya.

Ia menilai, pelaksanaan MTQ bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan interaksi masyarakat Depok terhadap Alquran sebagai kitab pedoman hidup umat Islam. Ke depan, sambung Mohammad Idris, pihaknya akan mewacanakan program yang dapat diusung bersama masyarakat dengan melihat potensi para peserta MTQ Kota Depok.

“Kita bisa sebut One Village One Qori, One Village One Hafiz, sehingga ke depan semua kecamatan di Kota Depok akan lebih mudah mengutus perwakilannya ke MTQ ke tingkat lebih tinggi,” tuturnya.

Terakhir, dirinya menambahkan, dengan perhatian dari Pemkot Depok terhadap pembinaan yang dilakukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) tingkat kota hingga kecamatan, diharapkan wacana program tersebut bisa terealisasi di seluruh wilayah Kota Depok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *