Capaian di Bidang Kesehatan, Idris Beberkan Sederet Penghargaan Kota Depok

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris membeberkan capaiannya di bidang kesehatan yang telah diraih Kota Depok.

Pada tahun 2021 dinyatakan Kota Depok dinyatakan oleh Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebagai prevalensi stunting terendah se-Jabar.

“Lalu pada tahun 2021, Kota Depok mendapatkan peringkat ketiga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) se-Jabar,” kata Idris saat menghadiri Acara Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tingkat Kota Depok Tahun 2022 di Alun-alun Kota Depok, Sabtu (12/11/2022).

Idris melanjutkan, tahun 2022 Kota Depok sudah mendeklarasikan seluruh kelurahan sebagai Kota ODF (Open Defecation Free) 100 persen.

“Jadi Buang Air Besar Sembarangan (BABS) tidak ada lagi, kemarin sudah diverifikasi InsyaAllah sebagai motivasi dari Jabar, sehingga Depok akan mendapatkan sertifikat kota ODF bersama Kabupaten Bandung dan Garut,” jelas Idris.

Dijelaskannya, tahun ini juga Kota Depok berhasil menyabet sejumlah prestasi. Di antaranya Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Terbaik Tingkat Provinsi Jabar, Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional dari Profesi Penyuluh Kesehatan, Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi Jabar dari Profesi Dokter dan Perawat.

“Alhamdulillah, kita sudah selesai membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) wilayah timur di Kecamatan Tapos dengan nama RSUD ASA, yang berkapasitas 100 tempat tidur (TT), insyaAllah Selasa 15 November mendatang akan kita resmikan sebagai RSUD Kota Depok,” ungkap Idris.

Idris menuturkan, pada momen HKN ke-58, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga melakukan pengukuhan agent of change para apoteker Kota Depok.

“Mereka akan keliling ke seluruh kelurahan-kelurahan untuk melihat, mengajarkan dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang penggunaan obat dengan baik dan benar,” tutur Idris.

Ada juga pengukuhan Kampung Peduli TB Paru (Kapitu) di beberapa wilayah, antara lain, Tanah Baru, Cinangka, Pancoran Mas (Panmas).

Kenudian, Launching pelayanan Laboratorium Klinik pada UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Depok.


Selanjutnya dilakukan pemberian penghargaan Puskesmas Berprestasi tahun 2022 yang berhasil diraih oleh Puskesmas Cinere, Puskesmas Sukmajaya, dan Puskesmas Sukatani.

Lalu ada juga pemberian penghargaan Rumah Sakit (RS) Berprestasi Tahun 2022 se-Kota Depok, penghargaan pertama berhasil diraih RS Universitas Indonesia (UI), penghargaan kedua berhasil diraih RSUD Khitmat Sehat Afiat (KiSA) dan penghargaan ketiga berhasil diraih RS Hermina.

“Visi Kota Depok Maju, Berbudaya dan Sejahtera yang dijabarkan dalam lima misi yaitu kita ingin mewujudkan Depok sebagai kota yang sehat, aman dan nyaman,” ujar Idris.

“Untuk itulah, banyak capaian yang berhasil diraih ini dalam rangka mewujudkan Depok sebagai kota yang sehat,” ucap Idris.


*Pesan Khusus Idris di HKN ke-58 Tingkat Kota Depok Tahun 2022


Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyampaikan sejumlah pesan khusus bagi seluruh insan kesehatan dalam Acara Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tingkat Kota Depok Tahun 2022 di Alun-alun Kota Depok, Sabtu (12/11/2022).

Pertama, terus mendorong gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat melalui mengonsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan mencuci tangan pakai sabun.

Kedua mendorong masyarakat untuk memeriksa kesehatan secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup.

“Dan selanjutnya terus mengembangkan diri dan organisasi kita dalam kompetensi serta memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat kota Depok,” tandas Idris.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.