Cegah Covid-19 Sekolah Diliburkan, Idris Minta Orangtua Awasi Anak

mohammadidris.id-Untuk sementara waktu aktivitas sekolah di Kota Depok terpaksa diliburkan demi menimimalisir dan memutus mata rantai penyebaran Coronavirus (Covid-19). Selama 14 hari ke depan, sejak 14-28 Maret 2020, seluruh fasilitas umum terpaksa ditutup, begitu juga sekolah dan masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

“Misalnya, sekolah-sekolah diliburkan, namun bukan berarti kita membiarkan anak-anak ke luar rumah untuk bermain dan jalan-jalan tanpa pengawasan,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris pada akun media sosial Facebook resminya yang dikutip, Rabu (18/03/20).

Ia pun mengajak para orangtua untuk menggunakan libur sekolah anaknya untuk memberikan perhatian lebih kepada mereka. Orangtua diminta melakukan pembelajaran mandiri dengan bimbingan.

“Tentu Dinas Pendidikan (Disdik) akan membantu para guru dan orangtua untuk melakukan pembelajaran mandiri. Jaga dan lindungi anak-anak dari potensi tertularnya Covid-19,” tuturnya.

Menurutnya, dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan dalam mencegah penularan Covid-19. Warga Depok harus meningkatkan kesadaran menanggapi situasi Siaga Intensif Covid-19 di Kota Depok.

“Sebagai kepala daerah, saya bersama aparat Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, khususnya bersama para tenaga medis, di seluruh rumah sakit di Depok, tentunya sudah melakukan beberapa kebijakan pencegahan dan penanganan Covid-19. Namun kebijakan-kebijakan tersebut tidak akan banyak membantu pencegahan tanpa didukung oleh kesadaran dari kita semua, kami dan seluruh masyarakat Depok,” terangnya.

Karena itu, ia menekankan langkah pencegahan yang utama dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Dikatakannya, bisa dimulai dari melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), membiasakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta istirahat yang cukup.

“Langkah-langkah tersebut sudah sangat membantu kita dalam meminimalisir terjangkitnya Covid-19,” tandas Mohammad Idris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *