Hari Jadi RSUD Depok ke-14, Idris Harap Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris berharap diusia Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok ke-14 tahun, terus meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Mulai dari peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) hingga fasilitas yang ada di RSUD Kota Depok.

“Kalau RSUD lebih ke pelayanan masyarakat dalam tanda petik menengah ke bawah. Jadi pelayanan-pelayanan ini yang memang harus simultan,” kata Idris, usai menghadiri acara Hari Jadi ke-14 RSUD Kota Depok, Senin (18/04/2022).

Menurut Idris, kapasitas yang harus ditingkatkan akan berpengaruh kepada rencana RSUD Kota Depok naik tingkat menjadi rumah sakit dengan tipe B. Sebab, ada beberapa ketentuan yang harus dilengkapi terkait rencana naik tingkat RSUD Depok dari tipe C menjadi tipe B.

“Peningkatan yang akan dilakukan, penambahan jumlah tempat tidur misalnya,” ujar Idris.

“Kemudian ruang ICU itu ada ketentuan baru yang harus kita lengkapi. Kalau ketentuan lama¬† sebenarnya sudah siap, tapi ada aturan baru, makanya harus kita lengkapi,” jelas Idris.

Di tempat yang sama, Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori menuturkan, adapun sarana prasarana yang akan ditingkatkan yaitu, Computerised Tomography (CT) scan jumlahnya 128 slice, pelayanan hemodialisa. Lalu, tumbuh kembang atau rehabilitasi medik dan penambahan Intensive Care Unit (ICU) yang jumlahnya harus 10 persen dari total tempat tidur yang tersedia.

Dikatakan Devi, untuk naik tingkat dibutuhkan 20 ICU, saat ini jumlahnya baru ada 12 ICU.

Pada sektor SDM, sambung Devi, pihaknya juga akan menambah dokter sub spesialis dua orang.

“Termasuk memberikan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepada para para pegawai yang sudah ada. Kemungkinan akan terealisasi pada tahun 2023,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *