Idris Expose Persoalan Persampahan di Depok

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris menghadiri pertemuan dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (15/09/2022).

Pertemun tersebut dilakukan dalam rangka penjaringan kabupaten/kota mengikuti Program Improvment of Solid Waste Management to Support Regional And Metropolitan Cities Project (ISWMP)

“Kita expose kondisi Depok mengenai persoalan produksi sampah dan eksisting penanganan sampah yang intinya memang perlu bantuan dari pemerintah, dalam hal ini mengenai pengolahan sampah dan juga pemberdayaan masyarakat dalam pemilahan sampah,” kata Idris usai kegiatan.

Dirinya menuturkan, ISWMP sendiri sebagai sebagai salah satu metode dalam pengelolaan sampah yang menggunakan teknologi modern.

“Ini bukan mengenai pembuangan sampahnya, tetapi sampah yang sudah ada kita kelola menjadi sebuah energi, itu yang harus dipahami oleh masyarakat,” tutur Idris.

Untuk itu, ujar Idris, setiap sampah yang sampai ke TPA (tempat pembuangan akhir) harus sudah terpilah, sebab jika tidak akan sulit untuk diolah.

“Disamping mesinnya akan cepat rusak karena sampah seperti kaleng dan plastik, jadi sejalan simultan dengan edukasi ke masyarakat terhadap budaya pemilahan sampah dengan teknologi ini (ISWMP),” jelasnya.

“Minimal 500 ribu jiwa yang sudah mau komitmen untuk pemilahan sampah dari sumbernya,” ujarnya.

“Dan untuk Depok kami sia,  nanti mungkin ada sarana prasarananya, ini kan berjalan setahun dan yang penting komitmennya dahulu, setahun 2023 sebab realisasinya 2024,” pungkas Idris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *