Idris: Hadapi Era Globalisasi, Generasi Muda Harus Kuasai Teknologi

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris hari ini didapuk menjadi narasumber pada acara SMK Leadership Camp Tahun 2021. Acara yang digelar Direktorat Pembinaan SMK, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Zoom Meeting ini, diikuti peserta didik dan guru SMK se-Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyampaikan sejumlah nasihat agar generasi muda mengembangkan minat dan bakat untuk meningkatkan kompetensi diri. Selain juga agar meraih prestasi menghadapi era globalisasi.

“Para generasi muda sebagai motor penggerak negara, haruslah memiliki karakter yang adaptif. Terutama dalam penguasaan teknologi dalam menghadapi era globalisasi,” kata Mohamamd Idris saat acara, Selasa (14/08/2021).

Dengan menguasai teknologi, ucapnya, generasi muda akan memiliki kemampuan untuk mempersiapkan dirinya menjadi warga negara yang bisa berpartisipasi aktif dan berkerja sama dalam membangun tata kehidupan dunia internasional. Tentunya yang selalu berlandaskan nilai-nilai nasionalisme.

“Kita ketahui bahwa kewarganegaraan digital penting untuk diterapkan dalam pendidikan di sekolah guna mengurangi dampak negatif dari kemajuan teknologi. Budaya sekolah menjadi pondasi dasar untuk membentuk karakter peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila,” jelasnya.

Lebih lanjut, ucap Idris, lewat SMK Leadershi Camp Tahun 2021 yang diselenggarakan ini, mampu menjadi penambah energi baru dalam meningkatkan peran semua peserta didik dan guru SMK. Dengan begitu, pemenuhan terhadap hak dan kewajiban warga negara akan tercapai dengan optimal.

Idris juga berharap, para peserta yang hadir di dalam kegiatan merupakan insan-insan yang tidak apatis terhadap seluruh kebijakan dan program pemerintah. Partisipasi terhadap pemilu serta kontribusi aktif penanganan pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi, merupakan salah satu sinergisitas aktif yang dapat dilaksanakan oleh semua pihak, sebagai bagian dari global citizen.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat bersinergi dengan semua pihak. Terutama Pemerintah Kota (Pemkot), sebagai bagian dari upaya dan cita-cita bersama mewujudkan Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *