Idris Ingatkan Makna Dasa Dharma dan Tri Satya Pramuka

mohammadidris.id-Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Kota Depok, Mohammad Idris terus mengingatkan makna dari 10 pokok moral dasar perbuatan yang terpuji dan mulia bagi gerakan pramuka. Semua pokok moral tersebut tercantum dalam Dasa Dharma Pramuka yang didasari oleh janji gerakan pramuka, Tri Satya.

“Jika direalisasi dalam kehidupan sehari-hari, saya rasa cukup untuk mewujudkan manusia-manusia paripurna atau Al-Insan Al-Kamil. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sejak tahun 2016 hingga sekarang berkomitmen untuk memajukan Gerakan Pramuka di Kota Depok,” kata Mohammad Idris saat memberikan sambutannya pada peringatan Hari Pramuka ke-60 Tingkat Kwartir Cabang Kota Depok, di lapangan Balai Kota Depok, Senin (30/08/2021).

Menurutnya yang juga sebagai Wali Kota Depok, pada Dasa Dharma terdapat empat komponen dalam kecerdasan manusia. Pertama yakni kecerdasan mental dan spiritual, yang dapat dilihat dari Dasa Dharma nomor satu dan 10.

“Dasa Dharma ke 10 merupakan simpul. Simpul dari seluruh isi kandungan dari Dasa Dharma, kenapa karena semua itu harus dilandaskan kepada kesucian dalam pikiran, perkataan dan perbuatan,” terangnya.

Lalu ada kecerdasan emosional yang terdapat pada Dasa Dharma nomor tiga, empat, dan lima. Yakni anggota pramuka adalah seorang patriot yang sopan dan kesatria, patuh, suka bermusyawarah, tidak egois, rela menolong. Serta tabah dalam menghadapi berbagai cobaan, terutama saat pandemi Covid-19.

Lanjut dia, kecerdasan yang ketiga yaitu cerdas intelektual. Kecerdasan ini digambarkan dalam Dasa Dharma nomor enam dan tujuh, yaitu setiap pramuka harus rajin, terampil, juga hemat, cermat dan bersahaja.

“Terakhir kecerdasan sosial ada pada Dasa Dharma nomor dua, delapan dan sembilan. Yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, disiplin, berani dan setia bertanggung jawab dan dapat dipercaya,” ungkapnya.

“Ini adalah bagaian-bagain sikap mulia yang harus dimiliki oleh setiap anggota pramuka,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut juga diresmikan website Kwartir Cabang Kota Depok yang terintegrasi dengan Kwartir Daerah Jawa Barat, Kwartir Nasional dan juga website milik World Organization of the Scout Movement (WOSM).

Kemudian ada juga peresmian sistem administrasi dan anggaran online. Selain juta aplikasi Pradera (Pramuka Depok Juara) untuk pembuatan Kartu Tanda Anggora (KTA) pramuka gratis yang menggunakan singel number.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *