Idris: Semua Kasus Omicron Depok Sudah Terisolasi, Insyaallah Aman

mohammadidris.id – Wali Kota Depok Mohammad Idris mengingatkan masyarakat agar jangan panik dan tetap waspada setelah ada empat warga Depok yang terpapar Covid-19 varian Omicron. Idris pun tidak ingin menerapkan lockdown, melainkan berfokus kepada penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes) saat warga beraktivitas di luar rumah.

“Kita meneruskan arahan pemerintah pusat dalam hal ini Inmendagri terkait dengan PPKM level 2 Kota Depok bersama Jabodetabek, kota/kabupaten Jabodetabek. Di situ ada prokes yang harus ditaati dan sudah kita turunkan dalam surat edaran untuk PPKM level 2 kepada masyarakat,” kata Idris dalam video klarifikasi di kanal youtube pribadinya, Senin (10/01/2022).

Idris menyebutkan, pihaknya sedang menyusun rencana terkait antisipasi penyebaran Omicron di Depok. Pemkot Depok juga sudah mengeluarkan surat edaran terkait disiplin terhadap prokes.

“Khusus untuk Omicron kami sedang draf untuk PPKM atau prokes untuk antisipasi penyebaran Omicron di Depok. Untuk yang level 2 sudah kami antisipasi dengan surat edaran terkait dengan disiplin prokes ikuti ketentuan PPKM level 2 dari Inmendagri,” ucap Idris.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan alasan tidak menerapkan lockdown setelah adanya empat warga Depok yang terpapar COVID-19 varian Omicron. Idris mengatakan warga Depok yang terpapar Omicron sudah terisolasi.

“Oh tidak (tidak melakukan lockdown). Alhamdulillah bahwa semua kasus Omicron yang warga Depok yang ‘ber-KTP Depok’ itu sudah terisolasi, bisa dibilang aman,” kata Idris.

“Jadi aman insyaallah dan mudah-mudahan tidak ada kasus baru dan kita sudah antisipasi dengan surat edaran kepada warga dan masyarakat tetap waspada, jaga kesehatan minimal pakai masker,” tambahnya.

Seperti diketahui, total ada empat kasus Covid-19 varian Omicron di Depok. Kasus pertama menjangkit pelaku perjalanan luar negeri. Warga yang terkonfirmasi positif Omicron tersebut langsung dikarantika di Jakarta, dan tidak sampai masuk ke Kota Depok.

Pada kasus kedua, warga Depok yang terjangkit Omicron diketahui positif di luar negeri. Kemudian kasus ketiga yaitu menjangkit warga Depok yang telah melakukan perjalanan domestik dari Jawa Timur. Lalu kasus keempat ialah nenek dari kasus ketiga. Untuk kasus ketiga dan keempat saat ini sudah dinyatakan sembuh setelah tiga hari diisolasi karena keduanya sudah divaksin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *