Idris Tegaskan Denda Pemilik Mobil Tidak Punya Garasi Rp 2 Juta

mohammadidris.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perhubungan akan mendenda pemilik mobil yang tidak mempunyai garasi. Besaran dendanya Rp 2 juta berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) perubahan atas Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan, yang sudah disahkan DPRD Depok pada rapat paripurna. Dalam perda tersebut terdapat pasal yang mengatur tentang garasi yaitu pasal 34.

“Bukan Perda tentang garasi. Itu yang perlu diluruskan. Kemudian, ada kekeliruan tentang denda pada pasal garasi ini. Di dalam pasal 34, denda administrasi maksimal sebesar Rp 2 juta bukan Rp 20 juta, seperti yang kini tengah ramai dibicarakan masyarakat,” tegas Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Jumat (10/01/2020).

Dikatakanya, pasal mengenai garasi dibuat untuk menjaga keteraturan di tengah masyarakat. Serta menjaga ruang jalan agar sesuai dengan peruntukannya.

Tak hanya mengatur soal garasi, perda tersebut juga memuat terkait layanan Uji Kir. Menurut Mohammad Idris, nantinya setelah pengujian akan keluar kartu uji berupa smart card bagi kendaraan yang lulus uji emisi dan Kir.

“Selain itu, perda tersebut juga mengatur mengenai iklan di angkutan umum. Diaturnya pemasangan ini agar pemilik angkutan umum juga memiliki tanggung jawab membuat nyaman kendaraannya agar warga kembali menggunakan angkutan umum,” terangnya.

Dia menuturkan, tahapan menuju penerapan perda direncanakan dua tahun yaitu bertahap. Untuk tahun ini berupa penyusunan regulasi pedoman teknis dan mekanisme pengaturan, sedangkan di 2021 berupa sosialisasi, fasilitasi, asistensi dan edukasi kepada masyarakat.

Dikatakan Mohammad Idris, perda ini dibuat untuk kebaikan masyarakat. Untuk itu, hendaknya semua pihak merespons positif keberadaan perda penyelenggaraan bidang perhubungan tersebut.

“Kita ingin terus memberikan kenyamanan dan keteraturan di tengah masyarakat. Sembari terus membenahi transportasi publik yang ada di Kota Depok,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *