Idris Terima Kunjungan Delegasi Pemerintah Laos

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris menerima delegasi Pemerintah Laos di Kantor Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Jalan TPU Kalimulya 3 Kelurahan Kalimulya Kecamatan Cilodong, Selasa (06/12/2022).

Kunjungan ini dalam rangka kerja sama Global Green Growth Institute (GGGI), Fecal Sludge Management Alliance (FSMA), Bill n Melinda Gates Foundation (BMGF) dan delegasi Pemerintah Laos untuk menimba ilmu pengetahuan tentang pengelolaan air limbah di IPLT Kota Depok.

“Ini memang agenda arahan dari Pemerintah ketika Pemerintah Laos ingin menimba pengetahuan terkait dengan pengelolaan limbah,” kata Idris usai menerima kunjungan tersebut.

Lanjut Idris, ada dua provinsi di Laos dan lima kota yang mengutus delegasinya untuk belajar pengelolaan limbah ke Kota Depok.

Mereka ingin mengetahui tentang pengelolaan limbah di IPLT yang telah menggunakan mesin berteknologi modern, sehingga hasil yang dinilai oleh Bappenas progresnya cukup baik.

“Kita akan melihat, karena ada pakar-pakarnya, kita akan fair dalam penyampian informasi tentang ini, sehingga mereka bisa benar-benar belajar dari Indonesia, Kota Depok sesuai ilmunya,” tutur Idris.

Lebih lanjut, ujar Idris, baru dua kota yaitu Depok bersama Bali yang pengelolaan limbahnya sudah tidak manual.

Sebab, pengelolaan limbah di IPLT Kota Depok sudah dengan teknologi modern.

“Bedanya kalau Bali karena dibantu Pemerintah Pusat jadi anggarannya lebih besar, kalau kita, Kota Depok dari APBD, jadi masih banyak kekurangan-kekurangan, di antaranya belum memiliki alat penyaring sampah dari mobil ke sini (IPLT),” tutur Idris.

“Kalau ada alat penyaringnya nanti plastik, beling-beling bisa terpisah, sebelum masuk ke kolamnya (di IPLT),” ungkapnya.

“Mudah-mudahan nanti bisa diusahakan ke Bappenas dan Kementerian PUPR agar Kota Depok mendapatkan bantuan untuk penyediaan alat penyaringan, kita (Kota Depok butuh 3 atau 4 unit penyaringan, sehingga air limbah lebih jernih yang keluar dari kolam ketiga,” pungkas Idris.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.