Idris Terima Penghargaan Lencana Melati

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Depok, Mohammad Idris mendapat penghargaan berupa Lencana Melati. Secara simbolis, lencana disematkan oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jawa Barat Ridwan Kamil saat Peringatan Hari Pramuka ke-61 tingkat Provinsi Jawa Barat di halaman Gedung Sate, Bandung, Rabu (14/09/2022).

Lencana Melati merupakan salah satu lencana jasa, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang Iebih besar bagi kepentingan Gerakan Pramuka.

Kota Depok berhasil menerima Lencana Melati tersebut bersama Kota Sukabumi, Kota Bogor, dan Kabupaten Majalengka.

“Ini yang pertama, semoga menjadi motivasi untuk Gerakan Pramuka Kota Depok,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris, usai menerima penghargaan berupa Lencana Melati.

Dikatakan Idris, raihan Lencana Melati ini tentu menjadi hasil dari kerja-kerja pemerintah kota untuk kemajuan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Depok yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

“Ini memang kerja-kerja kita tahunan, dan kemarin diajukan untuk mendapatkan Lencana Melati untuk Kota Depok,” tutur Idris.

Idris melanjutkan, sejak tahun 2016, dirinya bersama Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Depok terus berupaya meningkatkan kelembagaan Pramuka, khususnya untuk peningkatan ketentuan, anggaran dan kegiatan Pramuka agar lebih atraktif.

“Harapan saya pesan dari Bapak Mabida bahwa Dasa Dharma Pramuka tidak hanya sebuah slogan dan ucapan-ucapan saja, tetapi direalisasi karena mengandung seluruh aspek kehidupan dengan manusia,
hubungan vertikal dengan tuhan, horizontal dengan lingkungan,” jelas Idris.

“Kata kuncinya di simpul Dasa Dharma Pramuka kan suci dalam pikiran, suci dalam perkataan dan suci dalam perbuatan sebagai motivasi dan gerak, itulah yang bisa menghidupkan dharma-dharma yang lain di dalam Dasa Dharma,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Wali Kota Depok, Mohammad Idris telah merevitalisasi secara signifikan Gerakan Pramuka di Kota Depok melalui peraturan-peraturan, peningkatkan anggaran hibah kepada gerakan pramuka, dan kegiatan-kegiatan yang lebih atraktif bagi gerakan pramuka.

Selain itu, pada masa kepemimpinan Idris pun telah membangun gedung pramuka sebagai salah satu bentuk dukungan nyata kepada Gerakan Pramuka Kota Depok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *