Idris Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor, Penanganan Bencana Dipastikan Optimal

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir dan longsor yang melanda Kota Depok pada Rabu (01/01/20). Seperti tinjauannya ke lokasi terdampak banjir di Kampung Lio RT 05 RW 19 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas).

Tak hanya ke Panmas, ia juga meninjau lokasi terdampak longsor di Kali Pesanggrahan, RT 04 RW 02, Pasir Putih (Pasput) perbatasan TPA Cipayung. Mohammad Idris pun memastikan penanganan bencana alam yang terjadi berjalan optimal.

Usai melihat kondisi wilayah tersebut, dia mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mengevaluasi pembangunan rumah sistem kluster. Sebab, menurutnya, terkadang pembangunan rumah sistem ini tidak terukur, terpantau dari sisi kapasitas kelabilan tanah.

“Ini permasalahannya, ketika rumah-rumahnya ada di bukit lalu hujan dan longsor menimpa rumah di bawahnya. Kalau terjadi banjir, rata-rata dengan curah hujan yang tinggi, sehingga saran utamanya adalah tempat-tempat yang memang menjadi langganan genangan air. Namun, ke depan akan terus kami revitalisasi saluran-saluran air yang menyempit,” jelas Mohammad Idris, Rabu (01/01/20).

Lebih lanjut, ucap Mohammad Idris, pihaknya juga akan mengirimkan surat ke pemerintah pusat untuk melakukan penataan ulang terhadap jalan-jalan dengan drainase seperti di Jalan Arif Rahman Hakim (ARH).

“Saya mendapat masukan dari masyarakat, dari sisi separator dan sebagaimana. Lalu, saya bilang akan bersurat ke pemerintah pusat untuk melakukan penataan ulang terhadap jalan-jalan dengan drainase seperti di sini,” terangnya.

Mohammad Idris pun mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan, terutama di musim hujan. Selanjutnya, gotong royong membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain saat terjadi bencana banjir ataupun longsor.

“Satuan Tugas (Satgas) dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) sudah bekerja. Saya juga sudah meminta bantuan TNI untuk turun membantu warga terdampak banjir dan longsor,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *