Idris: Tugu Apeksi Simbol Dedikasi

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris menghadiri acara peresmian Tugu Apeksi di Kompleks Perkantoran Balai Kota Padang, Kawasan Aia Pacah, Senin (08/08/2022) malam.

Peresmian ikon baru Kota Padang tersebut dilakukan di tengah perhelatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-XV.

“Ini menjadi simbol untuk dikenang seperti dalam sambutan Pak Ketua (Bima Arya), bukan untuk dikultuskan (dikeramatkan),” kata Idris.

“Tetapi untuk dikenang oleh generasi yang akan datang bahwa bapak-bapak pemimpin daerah sudah banyak yang memberikan kontribusinya untuk bangsa dan negara, dengan berbagai problematikanya di kota masing-masing,” jelasnya.

Untuk diketahui, tugu ini memuat nama-nama wali kota yang memimpin kotanya saat.

Wujud Tugu Apeksi berupa 15 gonjong yang melambangkan bahwa pembangunannya pada Rakernas Apeksi ke-XV di Kota Padang.

Keberadaan tugu ini juga dihiasi oleh 16 juta warna dari lampu yang menambah semarak tugu tersebut.

Tugu ini juga memiliki empat sisi yang menandakan empat pilar kebangsaan yakni pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Nama saya terukir di dalam Tugu Apeksi bersama seluruh wali kota se-Indonesia,” ungkap Idris.

Di sela-sela acara, Idris menyempatkan diri menghibur para peserta Apeksi yang hadir dengan bernyanyi bersama Ketua Apeksi yang juga sebagai Wali Kota Bogor Bima Arya.

Tampak Wali Kota Padang Hendri Septa ikut mengiringi kedua wali kota tersebut dengan memainkan drum.

“Nyanyi bareng lagu Indonesia Jaya, berharap ke depan Indonesia semakin jaya bersama-sama dengan segala tantangannya,” tandas Idris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *