Jaga Silaturahmi dengan Ponpes Gontor, Idris Ziarah ke Makam Trimurti

mohammadidris.id – Wali Kota Depok Mohammad Idris melakukan ziarah ke makam ketiga Pendiri (Trimurti) Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor pada Ahad (21/11/2021). Idris mengaku setiap tahun dirinya selalu melakukan ziarah ke makam Sang Kiai dan bersilaturahmi ke Ponpes yang berada di Ponorogo tersebut.

Usai berziarah, Idris mengungkapkan selalu mengingat pesan ketiga Kiai-nya yakni K.H. Ahmad Sahal, K.H. Zainudin Fananie, K.H. Imam Zarkasyi melalui Panca Jiwa Ponpes Modern Darussalam Gontor.

“Yang saya selalu ingat itu pesan ketiga Kiai pendiri pondok pesantren ini mengenai Panca Jiwa Gontor. Pertama jiwa keikhlasan untuk berjuang, memberi dan berkarya demi kepentingan masyarakat banyak,” kata Idris.

Kedua, lanjut Idris, jiwa kesederhanaan yang ditanamkan Gontor kepada para santrinya, termasuk dirinya yang merupakan alumni Gontor. Kesederhanaan ini menjadi bekal dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

“Ketiga, jiwa berdikari tidak menggantungkan nasib kepada orang lain, selain Allah SWT. Kemandirian yang ditanamkan ke santri Gontor juga akan membentuk pribadi yang kuat,” kata Idris.

Kemudian keempat, ujar dia, mengenai jiwa ukhuwwah Islamiyah. Menurut Idris, ukhuwwah Islamiyah dapat mencegah perpecahan dan mempererat hubungan sesama manusia dan khususnya sesama muslim.

“Selain itu, ukhuwwah Islamiyah juga bisa memberikan kebermanfaatan bagi sesama, bisa saling membantu dan berbagi dalam kebaikan,” ucap Idris.

Selanjutnya yang kelima mengenai jiwa kebebasan dalam berpikir dan bertindak namun tetap pada koridor-koridor yang sesuai dengan syariat agama. Dikatakan Idris, berpikir bebas yang dimaksud dalam Panca Jiwa Gontor yakni menjadikan santri berjiwa besar dan optimis dalam menghadapi segala kesulitan.

“Kebebasan dalam berpikir dan bertindak ini tentu diarahkan juga untuk kemandirian. Ini pesan-pesan dari mereka (Pendiri Gontor) yang turun-temurun diwariskan ke santri-santrinya. Karena itu, pesan Panca Jiwa Gontor ini terus saya ingat hingga kini,” ungkap Idris.

Idris menuturkan setiap tahunnya, Idris selalu mengunjungi Pondok Modern Darussalam, Gontor untuk sowan ke guru dan kiai Gontor, ziarah ke makam para pendiri Gontor, serta menyapa para santri Gontor yang berasal dari Kota Depok.

“Tanggal dan bulannya tidak tentu atau tentatif. Jadi menyesuaikan situasi, kondisi dan kesempatan, tapi minimal setahun sekali saya silaturahmi ke sini (Gontor),” jelas Idris.

Untuk diketahui, Idris dan rombongan tiba di Ponpes Gontor sekira pukul 06.00 WIB. Setelah tiba, Idris pun bergegas melakukan ziarah ke makam Sang Kiai dan terlihat khitmad memanjatkan doa di nisan pendiri Ponpes Gontor tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *