Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban

Malam Nisfu Sya’ban yaitu malam ke 15 bulan Sya’ban, tahun ini (2020) jatuh pada Hari Rabu Malam Kamis (ba’da Maghrib) tanggal 8 April 2020.

Saya selaku Wali Kota Depok mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kota Depok untuk memanfaatkannya dengan sama-sama membaca wirid dan doa di rumah masing-masing, dapat dilakukan sendiri-sendiri atau bersama keluarga di rumah. (sementara tahun ini kita tidak lakukan di Masjid).

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang memberitahukan berita datangnya bulan Sya’ban kepada yang lain, maka haram api neraka baginya”.

Dalam menyambut malam tersebut, dianjurkan membaca Surah Yasin (3x ); Surah Yasin pertama dibaca untuk memohon panjang umur dan ketaatan serta ketakwaan dan dapat istiqomah kepada Allah Ta’ala; Surah Yasin ke-2, untuk memohon diluaskan rejeki yang halal & menolak bala; dan Surah Yasin ke 3, dibaca untuk memohon ditetapkannya Iman Islam hingga akhir hayat.

Selanjutnya perbanyak bacaan-bacaan berikut:

  • Astaghfirullohal ‘Adzim (100 x)
  • Tahmid & Takbir (100 x)
  • Shalawat Nabi (100x), dan
  • Dzikir dzikir lainnya

Kemudian berdo’alah secara khusyu’, meminta apa yang tersirat dalam hati.

Malam nisfu Sya’ban adalah malam yang sangat diijabah untuk dikabulkan semua doa & hajat yang diinginkan. Para Ulama menyatakan bahwa malam nisfu Sya’ban juga dinamakan malam pengampunan atau malam Maghfirah .

Imam Al Gozhali RA. mengistilahkan malam nisfu Sya’ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat (pertolongan).

Allahumma bariklana fi Sya’ban wa balighna Ramadhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *