Kota Depok Deklarasi Berhenti Merokok Saat Hari Tanpa Tembakau Sedunia

mohammadidris.id-Hari Tanpa Tembakau Sedunia, yang jatuh pada 31 Mei setiap tahunnya, diperingati oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan menggelar Deklarasi Berhenti Merokok yang diikuti oleh perwakilan dari unsur masyarakat. Upaya tersebut dilakukan untuk memperkuat komitmen penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) menuju Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera.

Menurut Wali Kota Depok, Mohammad Idris, deklarasi dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan Depok sebagai Smart Healthy City. Tentunya dengan mendukung Gerakan Raih Komitmen 100 Juta Perokok Berhenti Merokok.

“Mari sama-sama berkomitmen untuk berhenti merokok. Ini sebagai langkah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” katanya saat memimpin Deklarasi Berhenti Merokok di Aula Lantai 1, Balai Kota Depok, Senin (31/05/2021).

Lanjut Mohammad Idris, implementasi kepatuhan terhadap Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Perda Kota Depok Nomor 3 Tahun 2014 tentang KTR telah menunjukkan persentase yang cukup baik. Meskipun masih di bawah 50 persen di Kota Depok.

“Seperti kepatuhan toko-toko yang menjual rokok tapi tidak memajang di etalase sesuai dengan Perda kami. Persentase kepatuhannya 40 persen. Lalu, dari sisi implementasi KTR untuk ruang publik tingkat kepatuhannya 36,56 persen,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, pihak Pemkot akan terus meningkatkan implementasi KTR di sejumlah kawasan. Misalnya di tempat kerja, pelayanan kesehatan, tempat ibadah, sarana belajar, angkutan umum dan tempat bermain anak.

“Bagaimana kita tingkatkan implementasi KTR sebagai sebuah tahapan untuk kita bisa meninggalkan kebiasaan merokok. Atas deklarasi seperti ini, mudah-mudahan menjadi komitmen bersama untuk penerapan KTR. Selain juga komitmen kita mengajak teman-teman untuk berhenti merokok,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *