Lantik Puluhan Pejabat Pemkot Depok, Idris Tekankan Core Values ASN Ber-AKHLAK

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris kembali melakukan rotasi, mutasi dan promosi puluhan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot). Sebanyak 73 Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas dan Jabatan Fungsional di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok resmi dilantik oleh Wali Kota Depok, Jumat (11/11/2022).

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, kerja-kerja sebagai ASN dimana pun posisi yang diberikan adalah kerja-kerja yang berkinerja yang memiliki performa.

“Artinya kerja yang berhasil menciptakan peningkatan dari sisi kuantitas dan kualitas,” kata Idris di sela-sela kegiatan.

Dikatakan Idris, kinerja ini juga merupakan kombinasi antara kemampuan, kapasitas,usaha dan kesempatan.

Kesempatan yang diberikan, lanjut Idris, peluang jabatan yang diberikan, semua itu disesuaikan dengan kemampuan, kapasitas yang dimiliki, tetapi juga harus ada usaha-usaha peningkatan dari kemampuan yang dimiliki untuk bisa meningkatkan kerja-kerja kita yang berhasil sesuai dengan kriteria ataupun tujuan yang telah ditentukan.

Dikatakan Idris, secara umum Pemerintah Kota (Pemkot) memiliki semboyan untuk ASN Kota Depok yang merupakan core values ASN yaitu, Ber-AKHLAK

Ada tujuh core values yang harus harus dilaksanaan oleh setiap ASN di Kota Depok.

Pertama, Ber artinya berorientasi pelayanan dengan panduan, perilaku memahami kebutuhan, perilaku masyarakat, ramah, cekatan solutif dan dapat diandalkan, serta melakukan perbaikan tiada henti.

“Jadi kerja-kerja pelayanan kita ini yang merupakan sebuah orientasi kita, yaitu orientasi pelayanan,” katanya.

Kedua, huruf A adalah akuntabel, artinya ASN Depok harus bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan dengan panduan perilaku, melaksanakan tugas dengan jujur, tanggung jawab cermas, disiplin dan berintegritas tinggi, menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, efisien dan tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Ketiga, huruf K adalah kompeten, yaitu terus belajar mengembangkan kapabilitasnya, jangan merasa cukup dengan apa yang dimiliki, namun tingkatkan kapabilitas diri.

Keempat, huruf H adalah harmonis, yaitu saling peduli dan menghargai perbedaan dengan panduan perilaku menghargai setiap orang, apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain, serta membangun lingkungan kerja yang kondusif.

“Seringkali saya ingatkan bahwa tidak ada one man show, tidak ada super man, dalam institusi kita, dalam lembaga kita, adanya adalah super tim, lurah, sekretaris lurah (sekel), kepala seksi (kasi) dan seluruh staf-nya, tidak ada kata atasan, bawahan, adanya adalah sahabat itu yang kita selalu ingatkan dengan slogan Friendly City,” jelas Idris.

Kelima, huruf L adalah loyal, yaitu berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dengan panduan perilaku untuk memegang teguh Ideologi Pancasila dan UUD 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah.

“Selain juga menjaga nama baik sesama ASN, menjaga pimpinan, menjaga instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara, ini komitmen kita, ini arti loyalitas kita,” tegas Idris.

Keenam, huruf A adalah adaptif, yaitu terus berinovasi, berinisiasi, antusias dan menggerakan dalam menghadapi perubahan dengan panduan perilaku cepat menyesuaikan diri.

“Jangan mudah mengeluh dengan pekerjaan, tetapi hadapi tantangan pekerjaan kita dan lakukan perubahan-perubahan,” ujar Idris.

“Serta segera beradaptasi dengan lingkungan kerjanya masing-masing agar kita bisa mengembangkan kreativitas kita, dan bertindak proaktif, jadi jangan menunggu suruhan atau perintah, berinisiatif,” pesan Idris.

Untuk diketahui, sebanyak 73 ASN resmi dilantik oleh Wali Kota Depok hari ini, dengan rincian 18 Pejabat Administrator, 45 Pejabat Pengawas dan 10 Pejabat Fungsional di lingkungan Pemkot Depok.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.