Meningkatkan Etos Kerja di Bulan Ramadan

mohammadidris.id-Pekerjaan seseorang dalam konteks Islam tidak bisa dilepaskan dari fungsi hidupnya sebagai hamba Allah SWT. Sebab, bekerja merupakan bagian dari ibadah, sehingga umat muslim harus meningkatkan etos kerja di bulan Ramadan.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyampaikan demikian dalam Tausiah Ramadan, Sabtu (01/04/2021).

Melalui salah satu firman Allah SWT, dirinya menuturkan, yang artinya bahwa Aku (Allah SWT) tidak ciptakan manusia kecuali hanya untuk beribadah, pekerjaan merupakan bagian dari upaya manusia dalam memfungsikan dirinya untuk selalu melaksanakan kewajiban-kewajibannya sebagai hamba Allah SWT. Baik yang bersifat wajib secara fikih maupun yang bersifat anjuran.

“Hampir tidak mungkin seorang mukmin melakukan kecurangan atau penyelewengan dalam bekerja. Karena dia sudah tertanam sebagai seorang beriman dan harus bekerja sesuai arahan Allah SWT,” tuturnya.

Lanjut dia, puasa merupakan salah satu cara Allah membuat hamba-Nya lebih termotivasi dan terdorong untuk senantiasa memperbaiki rohani dan jasmaninya. Secara tidak langsung tentunya akan meningkatkan kebaikan dalam bekerja dan berusaha.

“Seperti yang diisyaratkan Baginda
Rasulullah SAW dalam sabdanya bahwa Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang dalam melakukan pekerjaannya dilakukan secara profesional dan tepat guna,” katanya.

Dengan demikian, sambung Mohammad Idris, itu merupakan di antara sikap orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT. Yang merupakan sekaligus tujuan disyariatkannya ibadah puasa selama bulan Ramadan.

“Jika kita ingin disebut sebagai orang bertakwa maka etos kerja kita harus baik. Etos kerja kita harus tinggi. Itulah konsep bekerja yang aktif. Etos kerja yang baik dan tinggi dihadapan Allah SWT,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *