Meningkatkan Kunjungan Warga ke Posyandu, Idris Ungkap Imbauan Kelurahan Kuncinya

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengutarakan, kunci mengajak masyarakat rutin ke posyandu adalah imbauan dari kelurahan.

Hal tersebut diungkapkan Kyai Idris, sapaan akrab Wali Kota Depok, menyusul penurunan semangat masyarakat yang datang ke posyandu.

“Itu kuncinya ada di Kelurahan mengimbau, meminta kepada masyarakat supaya berkunjung secara rutin dan itu banyak sekali manfaatnya,” kata Kyai Idris di Balai Kota Depok, Senin (24/06/2024).

“Saya enggak tahu ini fenomena apa ketika terjadi penurunan semangat masyarakat ke posyandu, ini harus dicari faktornya untuk meningkatkan kunjungan mereka,” sambungnya.

Dirinya meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok membuat surat edaran (SE) agar warga rutin datang ke posyandu maupun posbindu.

Menurutnya, setelah terbitnya SE tersebut, para camat dan lurah harus segera melaksanakan intervensi mereka agar tingkat kunjungan ke posyandu maupun posbindu kembali tinggi.

Tentunya agar berdampak pada penilaian intervensi terhadap stunting yang angkanya naik.

Target prevalensi stunting kedatangan warga ke posyandu harus meningkat agar warga yang potensial stunting bisa terdata dan diberi pengawasan untuk diantisipasi oleh puskesmas.

“Kunjungan mereka harus bertingkat, sebab kan nanti terpantau oleh puskesmas, biar posyandu melapor ke instansi (dinas) terkait untuk dilihat kenapa kunjungan ini seperti ini,” ujarnya.

“Khususnya yang potensial stunting, misalnya, dilihat dari makannya, apanya, ini perlu dicegah, diantisipasi dari awal,” tutur Kyai Idris.

“Lalu terkait stunting juga terdapat masalah kesadaran calon pengantin dan juga pelajar SMA untuk mengonsumsi vitamin atau tablet tambah darah (TTD),” katanya.

“Itu sudah kita kasih secara gratis supaya diminum seminggu berapa kali gitu, tetapi koordinasi dan monitoring dari guru yang mungkin kurang, sehingga anak ketika ditanya sudah diminum jawabnya sudah tetapi ada di kantong mereka, ini persentasenya yang melaksanakan itu sedikit sekali,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.