Ortu Siswa SDN Pondok Cina 1 Setuju Relokasi

mohammadidris.id – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Cina 1, Sri Widayati mengatakan, penanganan relokasi kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa di sekolahnya sudah sesuai dengan arahan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok.

Menurut Sri, mulai 14 November 2022, siswa SDN Pondok Cina 1 melaksanakan KBM tatap muka di dua SD negeri.

“Jadi mulai 14 November, siswa kelas 1, 2, dan 6 mengikuti KBM di SDN Pondok Cina 5 dan siswa kelas 3, 4, dan 5 mengikuti KBM di SDN Pondok Cina 3, ini sudah kami sampaikan ke komite sekolah melalui pertemuan yang diadakan pada 25 Oktober 2022, tentunya sudah sesuai arahan Disdik Kota Depok,” kata Sri, Minggu (13/11/2022).


Dikatakan Sri, pada tanggal 25 Oktober, ada sejumlah hal yang disampaikan pihaknya ke komite sekolah, di antaranya tahap pemindahan sarana prasarana (sarpras) dan siswa serta pembagian tugas tiap guru oleh kepala sekolah.

“Tahapannya, pemindahan sapras dilakukan pada 5 dan 6 November 2022, lalu siswa belajar dari rumah (BDR) pada 7 hingga 11 November, dan tanggal 14 November para siswa SDN Pondok Cina 1 melakukan KBM tatap muka,” tutur Sri.

“Siswa kelas 1, 2 dan 3 KBM-nya dialihkan ke SDN Pondok Cina 5, sedangkan kelas 6, 4 dan 5 KBM-nya dialihkan ke SDN Pondok Cina 3,” ujarnya.

Setelah itu, ujar Sri, pada 30 Oktober 2022, komite sekolah menyampaikan hasil pertemuan tersebut ke kordinator kelas (korlas), dan malamnya komite sekolah izin ke kepala sekolah bahwa korlas ingin diadakan pertemuan.

“Kemudian pada 31 Oktober 2022, sebelum rapat dengan komite sekolah, kepala sekolah menyampaikan perubahan tempat belajar siswa, yaitu kelas 1, 2 dan 6 KBM-nya dialihkan ke SDN Pondok Cina 5 sedangkan 3, 4 dan 5 KBM-nya dialihkan ke
SDN Pondok Cina 3,” jelas Sri.


“Rapat ini dilanjutkan di ruang kelas 5 yang dihadiri oleh kepala sekolah (SDN Pondok Cina 1), komite sekolah, 15 orang sebagai korlas,” ujar Sri.

Sri melanjutkan, pada 3 November, kepala sekolah menerima surat dari Forum Orang Tua Pondok Cina 1 (Fortucin) yang dibentuk oleh 15 orang perwakilan wali murid, dan mereka juga telah membubarkan komite SDN Pondok Cina 1.

“Di tanggal 4 November 2022, kepala sekolah mengirimkan surat tertanggal 3 November 2022 ke grup WhatsApp Tenaga Pendidik (Tendik) SDN Pondok Cina 1 untuk disampaikan ke setiap korlas, kemudian diteruskan ke wali murid kelas 1 hingga 6.

Namun, imbuhnya, malam sebelum dilakukan pemindahan sarpras ke SDN Pondok Cina 5 pada 5 November, petugas kebersihan, bagian aset dan guru di SDN Pondok Cina 1 tidak ada yang bersedia datang ke sekolah dengan berbagai alasan.

“Akhirnya, pemindahan barang dihentikan oleh orang tua murid karena terjadi sumbatan komunikasi, sebab surat kepala sekolah tertanggal 3 November 2022 tidak sampai ke wali murid yang lain, sehingga terjadi penghetian pemindahan barang dan penggembokan pintu gerbang SDN Pondok Cina 1 oleh orang tua murid, sampai saat ini kunci gerbang masih dipegang oleh orang tua murid,” ungkap Sri.

Sementara itu, salah satu orang tua murid kelas 3 SDN Pondok Cina 1, Sutriani mengaku, sangat mendukung rencana relokasi SDN Pondok Cina 1 yang berlokasi di pinggir Jalan Margonda Raya.

“Saya termasuk yang mendukung apa yang sudah menjadi program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, yakni mengenai rencana relokasi SDN Pondok Cina 1 ke tempat lain, mengingat posisi sekolah memang di jalan protokol Kota Depok, saya yakin ini semua demi kenyamanan peserta didik,” kata Sutriani

Menurutnya, yang terpenting para siswa SDN Pondok Cina 1 tetap bisa mendapatkan pembelajaran dengan baik, dimanapun tempatnya nantinya akan direlokasi.

“Mudah mudahan ke depannya Kota Depok semakin maju menjadi kota layak anak, sukses terus buat Kota Depok,” tutup Sutriani.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.