Pawai Budaya Nusantara, Idris Tampilkan Batik Gong Si Bolong dan Budaya Betawi Depok

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama istri yang juga sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida memimpin delagasi Kota Depok mengikuti pawai budaya nusantara Rakernas Apeksi 2022 di Padang, Selasa (09/08/2022) malam.

Dalam pawai budaya nusantara tersebut, Kota Depok menampilkan batik khas Depok dengan budaya Betawinya.

“Jadi pawai ini dalam rangka memperkenalkan budaya yang ada di masing-masing kota. Kami ingin memperkenalkan batik Kota Depok dengan budaya Betawinya,” kata Idris usai acara.

Dikatakan Idris, beberapa motif batik Depok diperkenalkan pada momentum tersebut. Salah satunya motif Gong Si Bolong.

“Karena seni pertunjukan asli Kota Depok, Gong Si Bolong ini sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTb), sehingga kami lebih menonjolkan Gong Si Bolong,” kata Idris.

Meski demikian, ada beberapa motif batik khas Depok yang juga dipromosikan dalam pawai, seperti motif buah belimbing.

“Kita akan terus menyosialisasikan batik Depok, setelah sosialisasi nanti kita pasarkan, kalau sudah dipasarkan nanti ada konsumennya harus siap, para pembatik di Depok juga harus siap,” tutur Idris.

Sementara itu, ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida menambahkan, batik khas Kota Depok yang kini sudah berusia hampir 4 tahun telah diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Ada beberapa perkantoran yang sudah menggunakan batik Depok. Jadi harapannya tinggal dikembangkan dan ditingkatkan lagi,” ucapnya.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dekranasda Depok aktif mempromosikan batik Depok melalui Fashion show batik, mengikuti berbagai macam perlombaan batik, serta meningkatkan beberapa pelatihan terkait batik Depok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *