Pesan Kiai Hasan ke Mohammad Idris Terkait Ancaman Degradasi Akhlak

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris membahas pentingnya peran pesantren dalam pembangunan akhlak saat mengunjungi Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Jawa Timur. Dalam bincang-bincang ini, Pimpinan Gontor, KH Hasan Abdullah Sahal, Selasa (5/11/2019) memberikan beberapa pesan.

Kiai Hasan, sapaan akrabnya, secara tegas berbicara Indonesia akan mengalami bencana yg lebih berbahaya daripada bencana alam. Dikatakannya, bencana itu adalah degradasi akhlak yang bakal mengakibatkan bencana lainnya, diantaranya alam rusak karena akhlak manusia, kemiskinan muncul karena akhlak para pemimpinnya.

Untuk mengatasi itu, menurut Kiai Hasan, sapaan akrabnya, pendidikan pesantren menjadi sistem terbaik dalam menyelesaikan permasalahan bangsa ini. Pasalnya, sejarah membuktikan bahwa santrilah yang sangat peduli terhadap kondisi kekinian bangsa.

“Kelompok lain tidak akan peduli bangsanya mau jadi apapun selama kepentingannya tidak terusik. Santri yang istiqomah harus mau memimpin masyarakat. Karena yang dihadapi saat ini adalah bukan lagi Individu tetapi sekelompok setan,” jelas Kiai Hasan di Ponpes Gontor.

Lebih lanjut, ucapnya, untuk santri yang menjadi pemimpin masyarakat harus membangun sebuah rumah sakit iman atau kepercayaan. Hal itu dikarenakan penyakit iman sulit untuk memperbaikinya.

Selain itu, Kiai Hasan memaparkan, sejumlah hal yang harus dilakukan pemimpin. Antara lain membangun hubungan vertikal dengan Sang Kholiq, membangun kekompakan dengan banyak kawan, dan pimpin masyarakat dengan nurani.

“Kemudian kunci keberhasilan pemimpin, pertama amanah yaitu memegang kepercayaan. Kedua uswah yaitu menjadi contoh baik untuk masyarakat,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *