Pesan Mohammad Idris Saat Melantik 359 ASN Kota Depok

mohammadidris.id-Pelantikan dan sumpah jabatan 359 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok digelar di Ruang Teratai Balai Kota Depok, Selasa (07/09/2021). Ratusan ASN tersebut langsung dilantik oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Pejabat yang dilantik terdiri dari 13 pejabat pimpinan tinggi pratama, 59 pejabat administrator, 166 pejabat pengawas. Serta tiga pejabat fungsional, 88 Kepala UPTD SD Negeri, dan 30 Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SMP Negeri.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, mutasi dan rotasi bukan sekedar kebutuhan organisasi, tapi sebuah keniscayaan, khususnya organisasi pemerintahan. Menurutnya, mutasi dan rotasi merupakan tuntutan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Pelantikan diharapkan memberikan dorongan dan motivasi yang kuat terhadap ASN untuk berkiprah dan mengabdikan diri, sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi),” katanya.

Ia pun menyampaikan sejumlah pesan penting untuk pejabat yang baru saja dilantik. Di antaranya, ia meminta agar seluruh ASN segera melakukan adaptasi terhadap tupoksi jabatan masing-masing.

“Apalagi yang lintas suasana kerja dari dinas teknis ke wilayah. Atau sebaliknya dari dinas kewilayahan ke dinas teknis. Adaptasi dengan teman kerja dan suasana kerja,” tuturnya.

Kemudian, ujarnya, ASN yang baru dilantik diingatkan tugas pelayanan tidak mudah, terlebih kebutuhan dan kepentingan semakin meningkat dan beragam. Sebab, tingkat atau harapan masyarakat Depok sangat tinggi, yakni meningkat 94 poin. Sedangkan angka kepuasan masyarakat masih di 83.

“Artinya, kita masih harus terus meningkatkan angka kepuasan masyarakat. Karena memang masyarakat Depok adalah warga yang cerdas dan terpelajar. Banyak harapannya dan ini harus diseimbangkan dengan kondisi kita dan pelayanan,” jelasnya.

Mohammad Idris juga menginginkan pejabat yang baru dilantik, untuk selalu mengayomi dan melindungi pegawai yang ada di bawahnya. Terutama memberikan arahan, sehingga bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Ciptakan suasana kerja yang kondusif dan pupuk kerja sama yang baik antara pimpinan dan staf di unit kerja. Hal itu agar tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab dapat dicapai dengan hasil maksimal,” terangnya.

“Amanah yang diberikan hendaknya disyukuri, dijaga, dan diimbangi dengan kejujuran, keikhlasan serta prestasi dalam bekerja. Sehingga dibutuhkan suatu keseriusan, tanggung jawab moral, dan komitmen bersama untuk dapat bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan untuk kota yang kita cintai,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *