Raih Predikat Nindya Lima Kali Beruntun, Depok Merawat dan Mempertahankan Kota Layak Anak

mohammadidris.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Kota Depok masih mempertahankan predikat Nindya lima kali berturut-turut, yakni pada tahun 2017, 2018, 2019, 2021 dan 2022.

Menurut Idris, pihaknya akan terus mempertahankan Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori Nindya yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, agar tidak turun satu tingkat.

“Kota Depok selama ini masih Nindya, sudah berkali-kali kami raih predikat tersebut karena standar minimal Nindya masih kami rawat dan pertahankan,” kata Idris saat Press Converence dengan media nasional di Alun-alun Kota Depok, Senin (19/09/2022).

Dikatakan Idris, sejauh ini belum ada satu daerah pun yang sudah mencapai Kota Layak Anak, bahkanada sejumlah kota yang harus turun dari predikat sebelumnya karena berbagai hal.

“Banyak kota yang turun satu tingkat, alhamdulillah Kota Depok masih bertahan di Nindya,” tutur Idris.

Untuk itu, ujar Idris, ke depan Kota Depok akan semakin memperbaiki sejumlah kekurangan agar dapat naik satu tingkat ke predikat Utama.

“Salah satu yang agak berat karena seluruh sekolah dari berbagai jenjang swasta dan negeri harus menjadi sekolah layak anak, seluruh RW juga harus jadi ramah anak, maka kami sebagai fasilitator harus ada sikap timbal balik, kami siapkan perangkat-perangkatnya, namun siap tidak lembaga pendidikan atau yayasan menjadi Sekolah Ramah Anak dan RW Ramah Anak,” terangnya.

“Semua ini jadi motivasi bagi kita untuk mempererat kemitraan, kerja sama dengan sekolah-sekolah dan RW yang merupakan warga Depok,” ungkap Idris.

Menurut Idris, bentuk dukungan selanjutnya melalui anggaran yang dirumuskan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk peningkatan program, kegiatan dan penganggaran untuk kesejahteraan anak.

“Makanya saya usulkan pokir-pokir aspirasi bisa tidak diarahkan untuk peningkatan Kota Sehat, Kota Layak Anak, jadi tidak melulu untuk infrastruktur seperti jalan lingkungan, sebab sudah banyak yang bagus jalan lingkungan di Depok,” pungkas Idris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *