Tekan Penggunaan Kendaraan Pribadi, Wali Kota Depok Luncurkan JRC dan BRT

mohammadidris.id-Wali Kota Depok, Mohammad Idris hari ini meluncurkan sebanyak 6 bus Jabodetabek Residence Connextion (JRC) dan 5 bus Bus Rapid Transit (BRT) yang semakin mempermudah masyarakat dalam menggunakan transportasi umum. Peluncuran 11 armada bus ini demi menekan penggunaan kendaraan pribadi di dalam aktivitas masyarakat Depok.

“Sebesar 60 persen warga Depok adalah pengelaju atau commuter yang bekerja di Jakarta dan kebanyakan menggunakan angkutan umum. Karena itu, pelayanan transportasi publik ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Depok,” kata Mohammad Idris usai meresmikan armada bus JRC dan BRT di Terminal Terpadu Kota Depok, Rabu (24/03/2021).

Dia menuturkan, bersama PPD dan BPTJ, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memberikan pelayanan langsung BRT dan JRC di permukiman masyarakat. Kehadiran armada ini akan mendekatkan masyarakat dengan pelayanan transportasi yang terintegrasi.

“Untuk Kota Depok, titik pelayanan JRC yang diberikan yaitu Terminal Sub Sawangan menuju Juanda. Lalu Garden At Candi Sawangan menuju MRT Lebak Bulus,” terangnya.

Mohammad Idris menambahkan, BPTJ menargetkan pada 2029 pengguna kendaraan pribadi di Jabodetabek akan beralih ke transportasi umum sebesar 60 persen. Saat ini baru 30 persen pengguna kendaraan pribadi yang sudah beralih ke transportasi umum.

“Untuk itu, kami menambah transportasi umum yang langsung melayani masyarakat di dekat permukiman,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Layanan BRT Kota Depok koridor 1 rute Terminal Jati Jajar – Terminal Margonda Depok merupakan bagian dari rencana Pemkot Depok yakni D’GOL – Depok Go Lancar. Ini sebagai alternatif mengatasi kepadatan kendaraan di akhir pekan di Kota Depok.

BRT ini melayani Masyarakat Depok untuk berkeliling jalan Margonda Raya yang meliputi Balai Kota Depok, Dmall, Detos, Margo City, Pesona Square, dan Ramayana.

Sedangkan layanan JRC dengan rute terbaru Terminal Sub Sawangan – Juanda via Tol Sawangan – MRT Fatmawati – Bundaran Senayan pada jam keberangkatan 05:30, 06:00, 06:30 dan jam kepulangan 16:30, 17:30, 20:00 WIB. Untuk tarif dalam masa uji coba yang sangat terjangkau yaitu Rp 25.000.

Kemudian, layanan JRC dengan rute terbaru Garden at Candi – MRT Lebak Bulus via Pool Ciputat – UIN berada pada jam keberangkatan 05:30, 06:00, 06:30 dan jam kepulangan 16:30, 17:30, 20:00 WIB. Untuk tarif dalam masa uji coba yang dipatok sebesar Rp 20.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *